PERSATUAN MAHASISWA HUKUM KERINCI SUNGAI PENUH MENGGELAR DIALOG INTERAKTIF

- Redaksi

Rabu, 10 Januari 2024 - 14:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

POROS, SUNGAI PENUH – Persatuan Mahasiswa Hukum Kerinci Sungai Penuh Jambi (PMHKS-J) Menggelar Dialog Interaktif Dengan Mahasiswa, OKP, dan BEM Sekabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh Selasa (9/1/2024) di Gao Coffee Semurup.

Dialog Interaktif Ini Mengangkat Tema “Bagaimana Kerinci Sungai Penuh Kedepannya Dalam Menghadapi Pemilu 2024”
Terwujudnya Pemilu Substansial, Bentuk Kepedulian Mahasiswa Dalam Pesta Rakyat 2024.

Memasuki tahun politik pada tahun 2024, menyebabkan pembicaraan mengenai pemilu semakin marak dibicarakan oleh setiap elemen masyarakat. Momentum seperti itu juga tak luput dari perhatian berbagai kalangan organisasi kemahasiswaan, salah satunya yaitu Persatuan Mahasiswa Ilmu Hukum Kerinci Sungai Penuh yang kemudian dikenal dengan sebutan PMHKS.

Sebagai sebuah organisasi yang baru dideklarasikan, dan usianya belum genap satu tahun, PMHKS hadir sebagai sebuah wadah yang senantiasa melakukan kajian-kajian secara Akademis berkaitan dengan kasus konkret, terutama isu hukum dan sosial yang terjadi di Indonesia, terkhusus di daerah Kerinci dan Sungai Penuh.

Maka dari itu, pada Selasa kemaren, PMHKS sukses mengadakan Dialog Interaktif berkaitan dengan Pesta Rakyat yang sebentar lagi akan dilangsungkan.

Billy Anggara Jufri sebagai Ketua Pelaksana menjelaskan, bahwa acara ini merupakan tindak lanjut dari hasil diskusi yang dilaksanakan dengan berbagai kalangan, baik mahasiswa, Dosen, dan senior-senior lainnya.

Baca Juga :  Darmadi Hadiri Halal bihalal sekaligus pengukuhan Pengurus  HKKN Provinsi jambi

“Kegiatan ini sebagai bentuk kecintaan terhadap Kerinci dan Sungai Penuh supaya kedepannya mahasiswa dapat cerdas dalam memilih orang yang tepat untuk menjadi pemimpin di Kerinci dan Sungai Penuh dalam Pemilu 2024 mendatang” Ujar Billy dalam kata sambutannya.

Dalam forum yang diadakan secara daring tersebut, PMHKS mengajak tokoh-tokoh terbaik yang dimiliki oleh Kerinci dan Sungai Penuh sebagai narasumber untuk memaparkan pandangannya berkaitan dengan tema yang dibahas.

Narasumber tersebut antara lain yaitu pengamat sosial terkemuka di Kota Sungai Penuh, Dr. Toni Indrayadi M.Pd, kemudian seorang pengamat Hukum sekaligus Akademisi, Dr. Doni Yusra S. H, M. H. turut hadir, Hadi Suprapto Rusli, S. H, M. H selaku Direktur Executive ICRC, dan yang terakhir turut hadir tokoh pemuda yaitu Agustia Gafar S. H, selaku Narasumber dalam dialog interaktif yang digelar oleh PMHKS tersebut.

Menurut Adam Deyant Biharu dalam kata sambutannya sebagai Wakil Ketua Umum sekaligus mewakili segenap kepengurusan PMHKS, kegiatan ini menunjukkan betapa besarnya kepeduliaan organisasi dalam menciptakan Pemilu Substansial, dimana Pemilu harus mampu memenuhi dan menjamin setiap hak masyarakat untuk terlibat dalam pemilihan yang bukan hanya sekedar seremoni atau prosedural saja.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh pengamat hukum Dr. Doni Yusra “Pemilu substansial harus benar-benar diwujudkan dalam Pemilu 2024 mendatang, hal ini guna memastikan Pemilu berjalan sesuai dengan keinginan dan kehendak masyarakat. Pemilu jangan dijadikan hanya sekedar seremonial prosedural semata, tetapi harus memiliki makna yang benar-benar mewakili kehendak masyarakat” Ujarnya saat Dialog Interaktif tersebut.

Baca Juga :  M. Ridho Kuasai panggung Dapil 3 Kab. Kerinci, Nasdem diprediksi borong dua kursi

Selain itu, Dr. Toni Indrayadi M.Pd selaku pengamat sosial mengungkapkan bahwa mahasiswa memiliki peran yang sangat besar dalam Pemilu 2024 khususnya Di Kerinci dan Sungai Penuh.

“Mahasiswa harus cerdas dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar bisa menentukan pilihan calon pemimpin yang berkualitas sesuai dengan hati nurani masing-masing”

Di akhir pernyataannya, para Narasumber mengapresiasi kegiatan yang dicetus oleh PMHKS dan berharap akan ada agenda berikutnya yang membahas isu Pemilu yang lebih signifikan lagi, Mengingat hal itu merupakan salah-satu bentuk kepedulian mahasiswa terhadap Pemilu.

Dengan adanya Dialog Interaktif yang membahas Pemilu, maka PMHKS sudah menjadi salah-satu organisasi yang berpartisipasi sekaligus berkontribusi dalam mewujudkan Pemilu Damai yang substansial bukan Ceremonial prosedural belaka.

Kedepannya Agar Para Calon Pemimpin Dan Calon Wakil Rakyat Membuka Mata Hatinya Untuk Menerima Ajakan Mahasiswa Untuk Berdiskusi. Bahwa Masih Banyak Mahasiswa Yang Peduli Dengan Kerinci Dan

Penulis : Zik

Editor : And

Sumber Berita : Media Andalas Group

Berita Terkait

Wako Ahmadi & Wawako Antos Gelar Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka
Wako Ahmadi Pimpin Sidak, Pantau Harga Pangan Jelang Hari Raya Idul Adha
Banjir dan Longsor di jalan lintas Siulak deras – Padang, Kadis PUPR Kerinci maya Bergerak cepat.
Sukma Djaya Negara di lantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh
SOLIDARITAS MASYARAKAT TLS DALAM BENTUK PENGGALANGAN DANA BANTUAN SOSIAL ATAS EKSEKUSI RUMAH SATARIAH DI DESA BALAI
AMSB PEDULI KORBAN EKSEKUSI RUMAH HASIL BANTUAN BAZNAS
SMA NEGERI 2 KERINCI BAGIKAN  BEASISWA PIP (PROGRAM INDONESIA PINTAR) BEKERJASAMA DENGAN BNI.
LSM Fakta Gelar Aksi Damai di Kejari Sungai Penuh

Berita Terkait

Selasa, 18 Juni 2024 - 07:40 WIB

Wako Ahmadi & Wawako Antos Gelar Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka

Senin, 17 Juni 2024 - 11:23 WIB

Pemkab Kerinci Gelar Idul Adha 1445 H Bersama Masyarakat di Lapangan Merpati Hiang

Kamis, 13 Juni 2024 - 21:03 WIB

Wako Ahmadi Pimpin Sidak, Pantau Harga Pangan Jelang Hari Raya Idul Adha

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:33 WIB

Jelang Idul Adha, Pemkab Kerinci Gelar Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar di Balai Hiang

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:23 WIB

KBRI Kairo Resmikan Gerai Baru Ban dan Pelek Kendaraan Indonesia di Kota Madinaty Mesir

Minggu, 9 Juni 2024 - 01:11 WIB

Dumisake Gubernur Al Haris, Rp 14,2 M untuk Beasiswa Digelontorkan

Jumat, 7 Juni 2024 - 13:34 WIB

Hadiri Penutupan TMMD Ke 120, Pj Bupati Asraf : Kegiatan Ini Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat.

Kamis, 6 Juni 2024 - 16:48 WIB

Sekda Sudirman Sandang Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

Berita Terbaru

seni dan budaya

Adat lamo pasko usang Semurup, Njuk tau Jelang hari raya qurban

Jumat, 14 Jun 2024 - 21:58 WIB