LAM Kerinci Tandatangani PKS dengan Pengadilan Agama Sungai Penuh. Toni Suherman, S.H., M.H. Dpt: Peran Adat Sebagai Mediator Berbasis Kearifan Lokal.

- Redaksi

Selasa, 28 Mei 2024 - 12:23 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Porosjambimedia.com, Jambi – Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kerinci menjalin kerjasama dengan Pengadilan Agama (PA) Sungai Penuh tentang Mediasi Berbasis Kearifan Lokal.

Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara LAM Kabupaten Kerinci dengan Pengadilan Agama Sungai Penuh ini berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (27/05/2024) kemarin dilakukan berbarengan secara serentak dengan perjanjian kerjasama antara Pengadilan Agama dan LAM Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi.

Mewakili Gubernur Jambi Drs. H. Abdullah Sani, M.Pd.I turut hadir menyaksikan penandatanganan kesepakatan yang juga dihadiri Ketua Umum LAM Provinsi Jambi Drs. H. Hasan Basri Agus, M.M. yang sekaligus melakukan penganugerahan anggota kehormatan LAM Jambi kepada Drs. Muchlis, S.H, M.H. Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia, serta kepada Drs. H. M. Taufiq. H.Z., M.HI. Komisioner Komisi Yudisial Republik Indonesia.

Sekretaris Majelis Permusyawaratan Adat (MPA) LAM Kabupaten Kerinci, Toni Suherman, S.H., M.H. Dpt. Mengungkapkan “bahwa dalam perjanjian kerjasama itu peran LAM sebagai mediator berbasis kearifan lokal dalam melaksanakan Mediasi dan/atau Perdamaian terhadap masyarakat adat yang berdomisili di Kabupaten Kerinci yang berhubungan dengan hukum, baik permasalahan sebelum, sedang dan setelah diajukan ke Pengadilan Agama Sungai Penuh”. Ungkapnya, “Membuat perdamaian melalui mediator yang dapat diteruskan dengan penguatan melalui putusan Pengadilan Agama Sungai Penuh sesuai ketentuan yang berlaku”. Tambahnya. “LAM Kerinci juga berperan dalam menerima informasi, fasilitas dan penetapan pelaksanaan mediasi di Pengadilan Agama Sungai Penuh dari majelis hakim pemeriksa perkara” sampainya. “LAM Kerinci juga mempunyai peran menunjuk mediator yang telah bersertifikat dengan surat keputusan penujukkan oleh LAM Kabupaten Kerinci” tandasnya.

Baca Juga :  Hujan Deras, Jalan Puncak Tapan dan Siulak lumpuh tertimbun longsor

Toni Suherman, S.H., M.H. Dpt. Selaku Sekretaris Majelis Permusyawaratan Adat (MPA) LAM Kabupaten Kerinci, sangat mengapresiasi upaya Pengurus Harian LAM Kabupaten Kerinci dan Pengadilan Agama Sungai Penun atas ditandatanganinya PKS mediasi berbasis kearifan lokal ini, dan berharap kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci selaku Pembina LAM Kabupaten Kerinci juga turut memberikan dukungan dan fasilitasi agar PKS ini dapat terlaksana dengan baik dilapangan.

“Paling tidak lembaga adat bisa hadir untuk melakukan mediasi, memberikan pemahaman secara adat, terhadap perkara yang diperjanjikan sesuai ketentuan baik sebelum, selama maupun setelah diputuskan oleh pengadilan agama,” kata Toni Suherman, S.H., M.H. Dpt.

Baca Juga :  Innalillahi, Eks Kapolda Jambi, Irjen Pol (Purn) Muchlis Tutup usia

“Oleh sebab itu saya sangat bangga dengan adanya kesepakatan kerjasama antara LAM Kabupaten Kerinci dengan Pengadilan Agama Sungai Penun yang ditandatangani lansung oleh Ketua Pengadilan Agama Sungai Penuh, Irfan Firdaus, S.H., S.HI., M.H. dengan Pengurus harian LAM Kerinci yang dihadiri oleh Wakil Ketua LAM Kerinci Mudium Depati Situo dan Sekretaris Pengurus Harian LAM Kerinci, Syafwandi, S.Ap. Dpt. Dengan perjanjian ini menjadi legal formal dan pedoman dalam mengaktualisasikan peran adat untuk dalam turut serta menyelesaikan sengketa dan juga perkara sesuai ketentuan dan kearifan lokal, menjadi tetap lestari” tambah Toni Suherman, S.H., M.H. Dpt.

“Tentunya sinergi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci beserta jajaran hingga ketingkat pemerintahan desa diharapkan dapat terbangun dengan baik dengan lembaga adat pada setiap tingkatan dalam mengaktualisasikan butir-butir perjanjian kerjasama mediasi berbasis kearifan lokal ini,” sampainya. “Kami berharap sebagai tindak lanjut dari perjanjian kerjasama ini, kepada pengurus harian LAM Kabupaten Kerinci bersama Pemerintah Kabupaten Kerinci beserta Jajaran untuk sesegera mungkin menggelar Rapat Kerja Kelembagaan Peran dan Fungsi masing-masing” tandasnya. (KK)

Penulis : Red

Berita Terkait

Adat lamo pasko usang Semurup, Njuk tau Jelang hari raya qurban
Banjir dan Longsor di jalan lintas Siulak deras – Padang, Kadis PUPR Kerinci maya Bergerak cepat.
Sukma Djaya Negara di lantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh
SOLIDARITAS MASYARAKAT TLS DALAM BENTUK PENGGALANGAN DANA BANTUAN SOSIAL ATAS EKSEKUSI RUMAH SATARIAH DI DESA BALAI
AMSB PEDULI KORBAN EKSEKUSI RUMAH HASIL BANTUAN BAZNAS
SMA NEGERI 2 KERINCI BAGIKAN  BEASISWA PIP (PROGRAM INDONESIA PINTAR) BEKERJASAMA DENGAN BNI.
Nelly Afrianty Dipercayai Menjadi narasumber Oleh BPMP Provinsi Jambi Dalam upaya Optimalisasi pemanfaatan chromebooks dan akun belajar.id.
ISMA Peduli Ravania Gelar Penggalangan Dana Bantu Biaya Pengobatan

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:47 WIB

Sukma Djaya Negara di lantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:46 WIB

SOLIDARITAS MASYARAKAT TLS DALAM BENTUK PENGGALANGAN DANA BANTUAN SOSIAL ATAS EKSEKUSI RUMAH SATARIAH DI DESA BALAI

Senin, 10 Juni 2024 - 17:20 WIB

AMSB PEDULI KORBAN EKSEKUSI RUMAH HASIL BANTUAN BAZNAS

Jumat, 7 Juni 2024 - 12:26 WIB

SMA NEGERI 2 KERINCI BAGIKAN  BEASISWA PIP (PROGRAM INDONESIA PINTAR) BEKERJASAMA DENGAN BNI.

Selasa, 4 Juni 2024 - 10:07 WIB

Nelly Afrianty Dipercayai Menjadi narasumber Oleh BPMP Provinsi Jambi Dalam upaya Optimalisasi pemanfaatan chromebooks dan akun belajar.id.

Rabu, 29 Mei 2024 - 20:50 WIB

Tafyani dan Fadli sepakat untuk saling mendukung demi kemajuan Kerinci kedepan

Selasa, 28 Mei 2024 - 18:38 WIB

Sepi peminat, Panwascam diminta bersikap profesional bukan karena ada Titipan.

Selasa, 28 Mei 2024 - 17:54 WIB

Kasus Anak bunuh Ibu kandungnya Di kerinci Jambi – Polres Kerinci gelar Press Release

Berita Terbaru

seni dan budaya

Adat lamo pasko usang Semurup, Njuk tau Jelang hari raya qurban

Jumat, 14 Jun 2024 - 21:58 WIB