Gubernur Al Haris Apresiasi Entrepreneurship Award LLDIKTI Universitas Muhammadiyah Jambi

- Redaksi

Kamis, 29 Februari 2024 - 13:25 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

POROS, JAMBI – Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos., MH mengapresiasi kegiatan Entrepreneurship Award yang dilaksanakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Tahun 2024, dimana tahun ini yang menjadi tuan rumahnya adalah Universitas Muhammadiyah Jambi. Hal ini disampaikan Gubernur dalam Launching Entrepreneurship Awards VIII Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Tahun 2024, bertempat di Universitas Muhammadiyah Jambi, Rabu (28/02/2024).
“Hari ini kita melaunching Entrepreneurship Award yang diinisiasi oelh LLDIKTI, saya kira ini sebuah kegiatan besar yang berguna bagi pemerintah daerah.

Perguruan Tinggi saat ini sudah banyak mengalami peningkatan dengan memikirkan anak-anak untuk mempunyai modal, skill dan kemampuan didalam masyarakat,” ujar Gubernur Al Haris.
“Artinya, pemerintah sangat bangga sekali bahwa perguruan tinggi sudah jauh memikirkan anak-anak yang lulus dari perkuliahan mempunyai mental berwirausaha supaya tiap tahunnya tidak masuk kedalam daftar pengangguran.

Dengan ini anak-anak bisa membuka ruang dalam berwirausaha dan tentunya berdampak positif untuk pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran,” lanjut Gubernur Al Haris.

Gubernur Al Haris mengatakan, sebagai dosen dari perguruan tinggi sudah sangat membantu tugas-tugas pemerintah pusat diantara lainnya yaitu masalah pengangguran dan angka kemiskinan. “Rantai kemiskinan ini yang sulit dipisahkan kecuali bisa memutukan rantai kemiskinan,” kata Gubernur Al Haris.

Baca Juga :  Pemkab kerinci melalui Dinas perhubungan Adakan Mudik gratis untuk masyarakat kerinci di Jambi

Sehubungan dengan hal tersebut Gubernur Al Haris memaparkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik RI, penduduk usia kerja di Provinsi Jambi pada Agustus 2023 sebanyak 2,75 juta orang, dengan komposisi angkatan kerja terdiri dari 1,89 juta orang Angkatan Kerja (AK) dan 0,86 juta orang Bukan Angkatan Kerja (BAK). Dari 1,89 juta orang Angkatan Kerja, 1,80 juta orang bekerja dan 85,6 ribu orang pengangguran. Periode Agustus 2022 hingga Agustus 2023, jumlah angkatan kerja meningkat sebanyak 3,56 ribu orang. Penduduk bekerja naik sebanyak 4,4 ribu orang dan pengangguran berkurang sebanyak 0,88 ribu orang. “Dan, apabila dilihat berdasarkan pendidikan tertinggi yang ditamatkan oleh angkatan kerja, dalam Tingkat Pengangguran Terbuka pada Agustus 2023, pendidikan diploma sebesar 5,54 % angka pengangguran dan sarjana sebesar 5,85% angka pengangguran dari total jumlah pengangguran terbuka sebesar 85,6 ribu orang,” papar Gubernur Al Haris.

Lebih lanjut Gubernur Al Haris menyampaikan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya memantapkan perekonomian masyarakat dan daerah serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia demi kemajuan daerah dan bangsa, yang terangkum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jambi Tahun 2021-2026 melalui misi kedua yakni Memantapkan Perekonomian Masyarakat dan Daerah serta Misi ketiga yakni Memantapkan Kualitas Sumber Daya Manusia, demi mewujudkan Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional di Bawah Ridho Allah SWT.
“Program Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya enterpreneurship (kewirausahaan), salah satunya melalui Bantuan Modal Kerja kepada UKM (Usaha Kreatif Milenial); UKMM (Usaha Kreatif Mak-Mak); UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Pemula, dan sampai dengan tahun 2023 sudah disalurkan kepada 5.053 orang,” ucap Gubernur Al Haris.
“Semoga kegiatan entrepreneur award ini berdampak positif bagi masyarakat terutama bagi pemerintah daerah sehingga kedepan dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan di Provinsi Jambi,” pungkas Gubernur Al Haris.

Baca Juga :  Kades, Mukhsin : Nanti malam kami duduk secara kekeluargaan

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi Hendra Kurniawan, S.Si., M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan semua pihak terutama dari LLDIKTI wilayah X yang selalu membackup sehingga kegiatan ini berjalan dengan sebaik mungkin. “Kegiatan ini juga terus dilaksanakan hingga sampai pada malam penganugerahan pada bulan Agustus nanti,” kata Hendra Kurniawan.

Kegiatan ini turut dihadiri secara virtual oleh Direktur Belmawa Kemendikbud Ristek Dikti Prof. Dr. Sri Suning Kusumawardani, ST., MT., Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma, SH., MH., Ketua Aptisi Wilayah Jambi Dr. Filius Candra dan seluruh PTS.

Penulis : Red

Berita Terkait

DPRD KOTA SUNGAI PENUH SIDAK HARGA PANGAN JELANG HARI RAYA IDUL ADHA
Wako Ahmadi Pimpin Sidak, Pantau Harga Pangan Jelang Hari Raya Idul Adha
Jelang Idul Adha, Pemkab Kerinci Gelar Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar di Balai Hiang
Sukma Djaya Negara di lantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh
SOLIDARITAS MASYARAKAT TLS DALAM BENTUK PENGGALANGAN DANA BANTUAN SOSIAL ATAS EKSEKUSI RUMAH SATARIAH DI DESA BALAI
AMSB PEDULI KORBAN EKSEKUSI RUMAH HASIL BANTUAN BAZNAS
Dumisake Gubernur Al Haris, Rp 14,2 M untuk Beasiswa Digelontorkan
Hadiri Penutupan TMMD Ke 120, Pj Bupati Asraf : Kegiatan Ini Sangat Bermanfaat Bagi Masyarakat.

Berita Terkait

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:47 WIB

Sukma Djaya Negara di lantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Sungai Penuh

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:46 WIB

SOLIDARITAS MASYARAKAT TLS DALAM BENTUK PENGGALANGAN DANA BANTUAN SOSIAL ATAS EKSEKUSI RUMAH SATARIAH DI DESA BALAI

Senin, 10 Juni 2024 - 17:20 WIB

AMSB PEDULI KORBAN EKSEKUSI RUMAH HASIL BANTUAN BAZNAS

Jumat, 7 Juni 2024 - 12:26 WIB

SMA NEGERI 2 KERINCI BAGIKAN  BEASISWA PIP (PROGRAM INDONESIA PINTAR) BEKERJASAMA DENGAN BNI.

Selasa, 4 Juni 2024 - 10:07 WIB

Nelly Afrianty Dipercayai Menjadi narasumber Oleh BPMP Provinsi Jambi Dalam upaya Optimalisasi pemanfaatan chromebooks dan akun belajar.id.

Rabu, 29 Mei 2024 - 20:50 WIB

Tafyani dan Fadli sepakat untuk saling mendukung demi kemajuan Kerinci kedepan

Selasa, 28 Mei 2024 - 18:38 WIB

Sepi peminat, Panwascam diminta bersikap profesional bukan karena ada Titipan.

Selasa, 28 Mei 2024 - 17:54 WIB

Kasus Anak bunuh Ibu kandungnya Di kerinci Jambi – Polres Kerinci gelar Press Release

Berita Terbaru

seni dan budaya

Adat lamo pasko usang Semurup, Njuk tau Jelang hari raya qurban

Jumat, 14 Jun 2024 - 21:58 WIB